Pelajari Dasar-dasar ToolBar Pada Photoshop di Bawah 30 Menit.


Memahami Dasar-dasar TollBar Pada Photoshop dibawah 30 Menit

Melihat keseluruhan menu didalam photoshop
Writing by Luqman ALAZ - Photoshop adalah aplikasi yang sangat kuat, mempunyai banyak pengguna oleh semua kalangan. Photoshop sangat berguna untuk para designer, photoshop juga sangat berarti untuk mempermudah para editoring.

Photoshop? 
Photoshop adalah software (aplikasi) yang berguna untuk memodifikasi gambar,video,dan lainnya. Photoshop terdiri dari beberapa jenis, berikut ini jenis-jenis "Photoshop" :
  • Photoshop 0.07 Display (1988)
  • Photoshop V 0.87    (1989)
  • Photoshop V 1.0      (1990)
  • Photoshop V 2.0.1   (1993)
  • Photoshop V 3.0      (1995)
  • Photoshop V 4.0      (1996)
  • Photoshop V 5.0      (1998)
  • Photoshop V 6.0      (2000)
  • Photoshop V 7.0      (2002)
Photoshop Version Beralih Menjadi Photoshop CS.
Simak jenis jenis photoshop CS dibawah ini :
  • Photoshop Cs 8.0 (2003)
  • Photoshop Cs2     (2005)
  • Photoshop Cs3     (2007)
  • Photoshop Cs4     (2009)
  • Photoshop Cs5     (2010)
  • Photoshop Cs6     (2012)
Tidak Sampai Berhenti Di Cs - Photoshop Menciptakan Fitur Terbaru Dari Photoshop.
Adapun Fitur Terbaru dari Photoshop ialah Photoshop CC.

Sejauh ini kita sudah cukup banyak mengenal jenis jenis dari photoshop. Bukan hanya jenis dalam photoshop yang berbeda, namun fitur dan kelengkapan serta tata letaknya yang berbeda antara 1 dan lainnya. Ok cukup sampai disitu, setidaknya kita mengenal jenis photoshop jika kita ingin memulainya. dan perlahan lahan memahami perbedaannya.

#NB: Pada Tutorial kali ini saya menggunakan "Photoshop Cs6"

Ayo... Kita lanjut ke awal tentang mempelajari dasar-dasar TollBar Pada Photoshop hanya dalam waktu dibawah 30menit.
Ready ??? Ayo Kita Mulai,..


TOLLBAR
  
 Tollbar adalah beberapa alat yang kita lihat di samping kiri. Beberapa alat tersebut mempunyai kegunaaan dan hak perintah masing masing, Carilah sebuah foto untuk mulai bermain-main dan bersenang-senanglah dengannya.

Move Toll Alat bergerak hanya memungkinkan Anda memindahkan benda-benda di lapisan tertentu di sekitar kanvas Photoshop. Untuk menggunakannya, klik di manapun pada kanvas dan seret. Saat Anda menyeret, lapisan Photoshop akan bergerak dengan mouse Anda.
Marquee memungkinkan Anda memilih bagian kanvas dalam bentuk tertentu. Secara default Anda mendapatkan persegi panjang (atau kotak yang sempurna jika Anda menekan shift saat memilih), namun Anda juga dapat memilih bentuk elips (atau lingkaran sempurna jika Anda menekan shift saat memilih).
Laso adalah alat seleksi bentuk bebas yang memungkinkan Anda menyeret di sekitar kanvas dan memilih area lasso'd. Dalam alat ini Anda juga memiliki akses ke laso poligonal, yang memungkinkan Anda membuat pilihan dengan mengklik di sekitar kanvas dan membuat poin, dan laso magnetik, yang bekerja sama dengan laso biasa namun mencoba mendeteksi tepi untuk Anda dan secara otomatis. snap untuk mereka.
Magic Wand adalah yang sewaktu waktu Mengklik area dengan tongkat sihir akan memberi tahu Photoshop untuk memilih tempat yang Anda klik dan apa saja yang serupa. Alat ini bisa dijadikan cara mentah untuk menghilangkan background dari foto.
Crop Tool adalah Alat pemotong digunakan untuk (mengejutkan!) Memangkas gambar Anda. Anda dapat menentukan ukuran yang tepat dan membatasi alat panen dengan proporsi tersebut, atau Anda bisa memangkasnya sesuai ukuran Anda.
Eyedropper adalah Alat alat pipet memungkinkan Anda mengeklik bagian kanvas dan memberi contoh warna pada titik yang tepat. Pipet mata akan mengubah warna foreground Anda menjadi warna apa pun yang diambil dari kanvas.
Healing Brush adalah Sikat penyembuhan memungkinkan Anda mencicipi sebagian foto dan menggunakannya untuk melukis di bagian lain. Setelah selesai, Photoshop akan memeriksa area sekitarnya dan mencoba untuk memadukan apa yang Anda lukiskan dengan sisa gambar.
Paint Brush dan Pencil adalah alat yang mengemulasi kuas dan pensil, bagaimanapun, dapat diatur ke berbagai jenis sikat. Anda bisa melukis dengan kuas cat standar dan airbrush, atau bahkan melukis dengan bentuk daun dan bentuk lainnya juga.
Clone Stamp adalah Seperti sikat  yang gunanya untuk menceplak suatu object, memungkinkan Anda mencicipi sebagian foto dan menggunakannya untuk melukis di bagian lain.Photoshop tidak melakukan apapun selain melukis satu area di atas area baru.
History Brush memungkinkan Anda melukis kembali pada waktunya. Photoshop melacak semua gerakan yang Anda lakukan (well, 50 secara default) dan History Brush memungkinkan Anda melukis masa lalu kembali ke foto saat ini. Katakanlah Anda mencerahkan seluruh foto tapi Anda ingin membuat area tertentu terlihat seperti sebelum Anda mencerahkannya, Anda dapat mengambil sejarah itu dan melukis area itu untuk mengembalikan kegelapan sebelumnya. haha :D
Simple nya History Brush adalah alat yang bekerja untuk meriview kembali apa yang sebelumnya kita lakukan.
Eraser adalah Alat hapus hampir identik dengan brush.
Ereser berguna untuk menghapus object yang anda inginkan sesuai bentuk yang anda perlukan dan bentuk tersebut tak jauh beda dengan brush tool.
Paint Can and Gradient Tools bisa memungkinkan Anda mengisi area tertentu dengan warna foreground saat ini. Alat gradien akan secara default menciptakan gradien yang memadukan latar depan dan latar belakang (meskipun Anda dapat memuat dan menciptakan gradien preset juga, beberapa di antaranya menggunakan dua warna).
Blur, Sharpen, and Smudge Tools Ketiga alat ini bertindak seperti Brush Tool (kuas cat), tapi masing-masing memiliki dampak berbeda pada gambar Anda. Alat blur akan mengaburkan area di mana Anda melukis, alat penajam akan mempertajamnya, dan alat noda akan mengecat area di sekitar kanvas. Alat noda sangat berguna dalam menggambar untuk menciptakan warna campuran yang bagus atau untuk menciptakan gumpalan dan effect seperti asap yang dapat Anda tambahkan ke foto Anda.
Burn, Dodge, and Sponge Tools Alat bakar, dodge, dan sponge adalah alat seperti kuas yang memanipulasi intensitas cahaya dan warna. Alat bakar bisa membuat area di foto Anda lebih gelap. Alat penghindar bisa membuat mereka lebih ringan. Alat spons bisa jenuh atau desaturate warna di area yang Anda lukis dengannya. Ini semua adalah alat yang sangat berguna untuk sentuhan foto.
Pent Tool adalah Alat pena digunakan untuk menggambar grafik vektor. Ini juga bisa digunakan untuk membuat jalur yang bisa digunakan untuk berbagai hal yang akan kita bahas di pelajaran selanjutnya (walaupun jika menonton video tutorialnya Anda bisa melihat jalur tipe yang sedang dibuat).

Type Tool adalah alat yang berfungsi menghasilkan tulisan kata-kata dan sebagainya, memungkinkan Anda mengetik secara horizontal. Alat yang tersembunyi di bawah alat tipe horizontal akan membiarkan Anda mengetik secara vertikal dan juga membuat masker teks horizontal dan vertikal.
Path Tool adalah alat yang berguna untuk memindahkan jalur object seperti tulisan , shape dan lainya. Alat jalur memungkinkan Anda memindahkan jalur yang dibuat. Ini seperti alat pindahan, tapi untuk jalur.
Shape Tool adalah sebuah Alat bentuk yang memungkinkan Anda membuat persegi panjang vektor, persegi panjang bulat, lingkaran, poligon, garis, dan bentuk kustom. Alat ini sangat berguna saat merancang atau saat membuat masker bentuk untuk foto.

Hand Tool adalah Alat yang berbentuk tangan memungkinkan Anda untuk mengklik dan menyeret di sekitar kanvas Photoshop. Jika seluruh kanvas saat ini pas di layar, alat ini tidak akan melakukan apapun. Alat ini mudah dinavigasi saat Anda diperbesar, atau gambarnya terlalu besar untuk bisa muat di layar hingga 100%.

Zoom (out - in) adalah Alat zoom yang memungkinkan Anda memperbesar dan memperkecil dari kanvas Photoshop dengan mengklik area tertentu. Secara default, alat zoom hanya memperbesar. Untuk memperkecil, tahan tombol pilihan dan gunakan alat zoom seperti biasa.
Alat ini memungkinkan Anda mengatur warna yang Anda gunakan. Warna di atas adalah warna foreground dan warna di belakang adalah warna latar belakang. Warna latar depan adalah apa yang akan digunakan. Warna latar belakang adalah apa yang akan digunakan jika Anda menghapus sesuatu dari latar belakang atau memperpanjangnya (walaupun sekarang, Photoshop CS6 akan memberi Anda pilihan untuk menggunakan warna foreground Anda, bukan dalam beberapa situasi). Dua ikon kecil di atas adalah fungsi pintas. Yang kiri, menunjukkan kotak hitam di atas kotak putih, dan akan mengatur warna latar depan dan latar belakang Anda ke default (Keyboard: D). tanda panah melengkung berkepala ganda akan bertukar warna latar depan dan latar belakang Anda (Keyboard: X). Mengklik pada latar depan atau warna latar belakang akan memunculkan pemetik warna sehingga Anda dapat menyetelnya dengan tepat sesuai warna yang Anda inginkan.

Share, Like and Follow


Artikel Terkait